Skripsi adalah Karya bukan Petaka !

Hallo Minna san ..
Piye kabare ?
Semoga sehat selalu ya .
Berjumpa lagi dengan saya Ms Yoshioka ...
Kali ini saya akan sharing terkait Skripsi nih.. 

 Skripsi Memang Absurd dan Kita Hanya Perlu Menikmatinya! Halaman ...

Skripsi adalah karya Ilmiah yang wajib di selesaikan oleh mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan studinya dan syarat mutlak untuk memperoleh gelar Sarjana atau Strata 1 ,
Bagi sebagian mahasiswa skripsi adalah salah satu petaka yang hadir dalam kehidupan mereka..
Bahkan tak jarang ada beberapa kasus yang membuat mahasiswa bunuh diri karenanya.
Wah gawat dong ya ..
Menurut Ms Yoshioka , hal ini terjadi karena pola pikir awal yang salah dari mahasiswa ..
Coba deh kalian pikir... kalian itu calon Sarjana .. yang notabenenya adalah salah satu bintang harapan bangsa untuk masa depan ..
Dengan gelar itu, mau tidak mau, suka tidak suka kalian akan menjadi ahli dari sebuah bidang tertentu ..
Kalo kalian menganggap skripsi adalah petaka, lalu siapa yang bisa di harapkan bangsa ?
Minna san ..
Anggaplah skripsi sebagai maha karya awal kalian untuk negri ini.. tulislah sebuah tulisan yang berkualitas sehingga tulisan kalian dapat bermanfaat bagi banyak orang atau paling minimal bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan inspirasi bagi penulis berikutnya...
Saya tau , menyelesaikan skripsi tidak lah mudah, banyak lika-liku yang terjadi ..
Dari dosen nyebelin yang membuat kita Revisi puluhan kali hingga tulisan kita yang acak Adul gak jelas alurnya ..
Tapi namanya juga perjuangan tidak ada yang instan bukan ?
Buat dapatin doi aja kalian berusaha mati-matian, masa cuma buat skripsi kalian perhitungan ..

Setelah memberikan ceramah yang cukup panjang, rasanya gak adil kalo Ms Yoshioka tidak berbagi Tips yang dapat kalian terapkan dalam mengerjakan Skripsi yang akan membuat skripsi kalian selesai dengan cepat.. 

Simak poin-poin di bawah ini ya :  

1. Perbanyak Baca Jurnal Karya Ilmiah 

 Tak Ingin Mengantuk saat Membaca Buku? Hindari dengan 5 Cara Ini ...

Nih ya .. yang bikin kalian kesulitan ngerjain skripsi itu karena bahan bacaan kalian yang minim.
Karena bacaan minim, level kalian dalam membuat tulisan pun juga kategori Nub..
Kalo kalian kebiasaan bikin status bikin baper aja (penuh dengan khayalan) .. gimana bisa buat nulis karya ilmiah yang baik..
Jurnal online bisa kalian baca di setiap Universitas yang ada di Indonesia,
Silahkan cari dan baca sendiri..
Kalo saya sendiri merekomendasikan Jurnal Ilmiah yang di publish oleh IPB , karena memuat banyak tulisan dan lebih lengkap.. mudah juga untuk akses downloadnya ..
Ingat ya .. di baca untuk di jadikan inspirasi ..
Bukan bahan untuk CTRL C dan CTRL V .. 😀

2. Diskusi sama Teman/Dosen

 Mergers And Acquisitions: How To Keep Employees From Leaving ...

Yah namanya kita ini nub, janganlah gengsi buat nanya teman ya readers kalo kalian kagak tau ..
Tenang kok, ini cuma bertanya dan diskusi gak bakal bikin kalian kehilangan muka..
Berdiskusi dengan teman bakal membuka pola pikir kita nih ..
Kita bakal meluruskan keraguan yang ada di benak kita.. buat temen yang di ajak diskusi haruslah dipilih dengan selektif ya readers.. soalnya kalo kalian pilih asal-asalan .. bukan nya membuka pola pikir malah menyesatkan kita..
Kalo gak sama teman, sama dosen lebih bagus .. kalo kalian salah satu tipe orang yang dekat sama dosen .. hal ini bisa kalian manfaat kan buat berdiskusi sama mereka..
Dulu Ms Yoshioka juga gitu .. saya berdiskusi dengan teman saya sekaligus dengan dosen saya untuk merumuskan kira-kira penelitian seperti apa yang cocok untuk di angkat ..

3.  Lakukan Pra Penelitian

 Bersekolah agar Jadi Peneliti, Mengapa Jarang Diminati? Halaman 1 ...

Aduh Ms, gimana mau pra penelitian Judul aja kagak punya ?
Wah ente2 ini berarti kagak paham maksud dari Pra Penelitian ..
Buat melakukan Pra Penelitian, kalian gak harus punya judul .. bahkan dengan pra penelitian kalian bisa mendapatkan inspirasi judul.
Kegiatan pra penelitian dapat readers lakukan dengan cara mencari informasi via internet (Manfaatin tuh Google jangan cuma buat mantengin foto bias aja ) terkait hal apa saja yang membuat kalian tertarik..
nah lebih bagus lagi kalo kalian datangin langsung lokasi penelitian tersebut sekalian observasi kecil-kecilan ..
Setelah itu kalian bakal dapat minimal beberapa informasi kecil tapi menarik.. yang bisa kalian susun dalam bentuk peta masalah nih ..
Kalo saya dulu, buat semacam mading, aku tempel di dinding , dan aku tulis semua informasi yang aku peroleh baik dari sumber internet maupun hasil dari observasi langsung..
Setelah itu, aku kaitkan satu sama lain dan Alhasil aku memperoleh inspirasi judul dari hal ini.. bahkan Skripsi aku termasuk salah satu skripsi terbaik yang pernah di tulis di Prodi ..

4. Stop Kebiasaan Menunda-nunda 

 10 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Oke .. sehebat apapun kalian , kalo penyakit menunda sudah datang maka "Gelar Sarjana" akan semakin jauh dari mata..
Ya kalo kebiasaan kalian rebahan aja , gimana tu skripsi mau selesai ..
Kalian gak harus kok nulis skripsi secara terus menerus.. tapi aturlah waktu sebaik mungkin ya readers..
Dulu Ms Yoshioka dalam mengerjakan skripsi menerapkan 1 Minggu Rebahan 3 Hari nulis tanpa henti .. hehe
Saya tipikal orang yang perfeksionis nih readers.. sebelum nulis biasanya aku bakal baca banyak literatur dulu ..
Karena aku paling benci "Mandek" ditengah jalan waktu nulis , akibat dari kehabisan Inspirasi ..
Jadi 1 minggu rebahan aku manfaatkan minimal 3 jam per hari buat baca buku.. sisanya aku gunain buat malas-malasan 😂

5. Perbanyak Doa 

 Selain Bikin Bahagia, Doa Juga Sangat Baik untuk Kesehatan ...

Salah satu hal wajib yang gak boleh kalian tinggalkan nih readers ..
Hidup kita adalah milik Allah dan setiap usaha kita haruslah dibarengi dengan senantiasa mengingat-Nya.
Doa ini power nya luar biasa banget buat kehidupan kita.. jadi jangan sampe kalian tinggalkan hal wajib yang satu ini ya..

Oke itu saja yang bisa Ms Yoshioka sampaikan nih readers..
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat kalian para pejuang skripsi..
Ingat ya Skripsi adalah Karya bukan Petaka..
Kalian adalah Mahasiswa calon pemimpin bangsa di masa depan ..

Terimakasih sudah Mampir ..
Tolong tinggalkan jejak jika kalian berkunjung ya Readers..

Sampai jumpa di postingan aku berikutnya .. 😆

Komentar

Postingan Populer