Alat-alat yang harus Dipersiapkan saat Menggambar Sketsa Wajah

Hallo Minna San .. 
Berjumpa lagi dengan saya Ms Yoshioka.. 
Kali ini saya akan membagikan informasi seputar "Alat-alat yang harus Dipersiapkan saat Menggambar Sketsa Wajah" .. 

 Qoo10 - Menggambar Sketsa Pensil Set Menulis Kerajinan Seni ...

Bagi kalian yang hobi menggambar tapi waktu bagian bikin sketsa wajah  mengalami kesulitan dan merasa kok gambar aku gak bagus sih..😂 mungkin informasi ini bakal sangat berguna banget bagi kalian..
Sebenernya selain karena bakat, ada faktor lain loh yang mengakibatkan gambaran kita jelek .. 
(Ini berdasarkan pengalaman pribadi aku ya)... yaitu media atau alat yang kita gunakan.. 
Coba deh kalian bandingkan, ketika mewarnai dengan pensil warna murah seharga 4000 dengan pensil warna seharga 100.000 pasti tone dari warnanya akan sangat berbeda bukan.. 
sama halnya saat kita menggambar sketsa wajah ,, ada beberapa alat-alat yang memang harus kita siapkan, agar gambaran kita terlihat semakin bagus.. (Walaupun sebernya B aja 😆)
baiklah tanpa basi-basi ... Berikut Ulasannya ...


1. Siapkan minimal 4 Pensil.. 

 Ini Lo Maksud Kode yang Tertera pada Pensil. Jangan Bilang Tahunya ...

Dalam menggambar aku selalu menggunakan 4 jenis pensil Guys ;

  1.  Yang pertama pensil dengan tone warna yang rendah (dibawah 2B) dan diraut dengan tumpul. Rautan tumpul akan memberi kesan lembut pada gambaran kita dan sangat cocok digunakan untuk membentuk sketsa awal dari sebuah gambar.  Tidak hanya itu, kelebihan tone warna pensil ini akan membuat kertas kita tidak terkesan kotor saat menghapus. Untuk pensil ini, kebetulan aku dapat jenis pensil yang cocok banget ketika aku menghadiri seminar di sebuah hotel .. dan salah satu bingkisannya adalah pensil.. Pensilnya nyaman di pakai dan mudah dalam pengaplikasiannya..
  2. Pensil 2B , barang wajib yang harus kita miliki 😀 , Untuk merek biasanya aku gunakan 2 jenis guys .. yang pertama merek Joyko dan Faber Castell.. menurut aku tone warna dari kedua merek pensil ini sangatlah berbeda.. Joyko memiliki kesan lembut dan gelap , sedangkan Faber Castell memiliki kesan keras dan Tegas.. Aku bisanya gunakan mereka buat di bagian alis , arsiran hidung , arsiran wajah , leher atau sketsa arsiran awal untuk rambut .. Untuk Joyko saya lebih menggunakannya sebagai pelengkap warna saja , sedangkan Faber Castell biasa aku gunakan untuk membuat garis2 tegas dari gambar ..
  3. Pensil 4B , pensil yang satu ini memiliki tone diatas 2 B tentunya .. Aku menggunakan pensil ini biasanya untuk membuat alis dan garis bibir .. serta tambahan sedikit untuk kelopak mata .
  4. Pensil 8B .. pensil yang satu ini memegang peranan penting untuk menunjukkan seberapa tegas gambaran yang akan kita buat .. Dengan pensil ini, gambar kita akan terlihat lebih realistis dan tebal .. aku biasanya gunakan dia waktu untuk finishing akhir ..
2. Pulpen dengan jenis tone dan ujung yang berbeda (Minimal 3 Jenis) 

 SNOWMAN Drawing Pen 0,05-0,5 mm Pulpen Gambar Lusinan Per 12 pcs ...

Dalam menggambar, pulpen memegang peranan penting untuk membuat garis2 detail yang tidak bisa di lakukan oleh pensil..
Untuk menggambar biasanya aku pake pulpen snowan biasa yang ujungnya sedikit bulat (ini berfungsi untuk membantu kita dalam membuat garis hidung dan mata, yang mana pada saat menggambar sangat sulit di lakukan jika menggunakan pulpen dengan ujung yang runcing, karena akan menghindari kesan tajam yang tak perlu) , kemudian pulpen standar (biasanya aku gunakan pulpen ini untuk menghitamkan bola mata, karena warna dari pulpen standar cenderung seperti 3D) , yang terakhir Drawing pulpen dari snowan (Pulpen ini cukup mahal, namun bermanfaat bagi kita untuk membuat lekukan pada rambut serta memberi efek animasi pada gambaran yang sebelumnya telah di sketsa kan menggunakan pensil) pulpen jenis ini juga sangat bermanfaat untuk membuat helaian rambut yang halus dan rapi pada gambar.

3. Penghapus minimal 3 jenis .. 

 10 Rekomendasi Penghapus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) | mybest

Dalam menggambar, kita pasti akan membuat kesalahan .. untuk itu peran penghapus sangatlah penting .. jenis penghapus yang aku gunakan adalah Faber Castell, Staedtler , dan Joyko.. dengan jenis warna putih ..
Aku sengaja pilih warna putih biar kita tau apakah penghapus kita kotor atau tidak.. karena penghapus yang kotor akan meninggalkan bekas di kertas kita.. dan tentu saja akan merusak gambaran kita.

4. Kertas Berkualitas Baik, 

 Seni Gambar Kertas - Foto gratis di Pixabay

Untuk menggambar usahakan menggunakan kertas dengan kualitas terbaik ya ..
Aku selalu menggunakan kertas sketsa untuk setiap gambaran ku ..
Karena aku selalu percaya .. tempat yang baik akan selalu menghasilkan hal baik...
Jika kertas kita tipis dan jelek hal itu akan berpengaruh .. terutama jika kertasnya mudah lecek seperti HVS ..
Kemudian tone warna kertas yang biasa aku gunakan adalah warna putih tulang dan putih susu..
Karena aku suka kesan 3D effect yang mereka berikan secara tidak langsung.

5. Penggaris.. 

 Penggaris Digital Multifungsi – Mampu Mengukur Sudut, Level ...
Sebenarnya jika kalian sudah ahli dalam memperkirakan kemiringan gambar wajah pada sketsa.. sebuah penggaris tidak lagi diperlukan..
Tapi jika kalian masih pemula.. sebaiknya menggunakan penggaris .. karena bisa saja proporsi wajah yang kita kira sudah sesuai malah miring tak karuan..

6. Pensil Warna .. 

 hello artist!: 5 Pensil Warna Terbaik Untuk Menggambar

Ini bakal bermanfaat buat kalian yang suka berkreasi dengan warna...
Tapi hati-hati ya guys.. dalam menggambar wajah .. jika kalian salah memainkan tone warna.. hal itu akan membuat gambar kalian berubah dan menjadi jelek..
Tapi kalo kalian mahir dalam menggunakannya maka silahkan saja .. 

 Oke .. Itu saja informasi yang bisa saya share.. 
Terimakasih telah berkunjung.. 

Please Tinggalkan jejak ya .. 😍😍 

Sampai jumpa di postingan aku berikutnya.. 😊

Komentar

Postingan Populer